Asro Pun’ Blog

Tentang Saya

Awalnya halaman ini berjudul “Siapakah Saya?” dimana disitu saya memperkenalkan diri saya secara samar-samar. Akan tetapi karena beberapa alasan, maka saya merubahnya menjadi seperti ini. Alasan-alasan tersebut antara lain: pertama; beberapa pengunjung blog ini ingin tahu lebih jauh tentang penulisnya sehingga mereka menanyakan profil saya. Alasan kedua; ketika berkunjung ke blog lain, saya merasa ada yang kurang jika penulis blog tersebut tidak menuliskan profilnya secara jelas. Saya yakin banyak juga pengunjung blog ini yang merasakan hal yang sama, ini tercermin dari beberapa pengunjung yang menanyakan tentang profil saya. Alasan ketiga; rasanya kurang etis jika dalam setiap pertemuan kita tidak saling memperkenalkan diri dengan jelas dan jujur. Blog ini sebagai tempat pertemuan antara kita seharusnya diawali dengan perkenal itu, terutama sekali dari yang empunya blog.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini ijinkan saya memperkenalkan diri saya:

Saya dilahirkan di desa Lewolere – kecamatan Larantuka- kabupaten Flores Timur – propinsi Nusa Tenggara Timur, pada pertengahan-menjelang akhir Oktober 1965. Saat dibaptis di Gereja Katolik St Ignasius Waibalun, saya diberi nama Yosep Suban Wain, dengan panggilan Asro. Umumnya di tempat kelahiran saya, nama yang diberikan terdiri dari tiga kata, awal, tengah dan akhir. Nama awal adalah nama baptis, diambil dari nama orang yang dianggap suci dalam agama Katolik (disebut juga Santo atau Santa). Nama tengah biasanya mengikuti nama dari salah satu keluarga (biasanya nama nenek atau kakek yang sudah meninggal). Sedangkan nama akhir, adalah suku (atau marga), mengikuti suku bapak. Saya tidak tahu kenapa saya dipanggil Asro, yang jelas tidak ada nenek moyang saya yang bernama Asro. Ketika masuk SDK Waibalun I, saya didaftar dengan nama Yosep Asro Wain. Kelas IV SD saya pindah ke SDK Waiwadan, mengikuti Bapak saya yang mengajar di SD tersebut, hingga tamat. Ketika masuk SMP di SMPK Ndao Putri di Ende, oleh om, saya didaftar dengan nama Yosep Alexander Suban Wain. Yosep Alexander adalah nama pabtis dari salah seorang sepupu dari ibu. Di buku Rapor SMP saya menggunakan nama ini, akan tetapi ijasa SMP saya menggunakan Yosep Asro Wain, mengikuti ijasa SD, hingga saat ini saya menggunakan nama tersebut. Saya menamatkan SMA tahun 1984 di SMAN 468 Larantuka. Saya tidak tahu dari mana datangnya angka 468 itu? Yang jelas saat itu di Larantuka hanya ada satu SMA negeri. Setelah SMA saya melanjutkan di ITB jurusan teknik elektro/FTI. Setamat SMA saya bisa langsung masuk ke ITB karena adanya program Sipenmaru yang memungkinkan kami dari daerah bisa mengikuti test di daerah tanpa harus ke Jawa. Sipenmaru yang saya ikuti adalah Sipenmaru angkatan pertama, sebelumnya dikenal dengan program Perintis, yang ujiannya harus ke PTN bersangkutan, jadi kalau mau ke ITB ya harus ke Bandung. Sehingga bagi anak-anak yang dari daerah umumnya tidak bisa langsung mengikuti test, biasanya menunggu tahun berikutnya, karena terlambat. Pertengahan 1990 saya baru selesai di Elektro ITB, Sub Jurusan C (Teknik Pengaturan/Kontrol). Setelah dari ITB, masuk Pertamina melalui jalur Bimbingan Profesi Sarjana Teknik Direktorat Pengolahan Angkatan XIV (BPST-P XIV), dan ditempatkan di Unit Pengolahan II Dumai (sekarang jadi RU II Dumai). Selama di RU II Dumai, paling lama saya bekerja sebagai instrument project engineer. Beberapa proyek yang pernah saya tangani antara lain: Reinstrumentasi Kilang Dumai, Reinstrumentasi Kilang SPK, Project APC Kilang Dumai dan Project OTS -LIMS Kilang Dumai.  Saya sempat  ditempatkan di Bagian Process Engineering RU II Dumai sebagai Process Control Specialist, sebelum pindah ke Fungsi Engineering Center Direktorat Pengolahan Kantor Pusat, Bagian Manajemen Kontrak pada Juni 2010 hingga Agustus 2014. Saat ini saya ditugaskan sebagai Spesialis Cost Engineering, masih di Engineering Center. Saya bisa dihubungi di yosepasro@yahoo.com .

102 Tanggapan to “Tentang Saya”

  1. Samuel Parura said

    Selamat atas blog_nya

    Sukses selalu

    salam instrument process control

    samuelparura

  2. asro said

    Thanks Pa. Samuel. Jangan lupa mampir terus di Blog ini.

  3. Budi TJ said

    Selamat atas blog Pak yosef, semoga saling mengisi materi yg ada.

  4. asro said

    Thaks Pa. Budi, atas kunjungan.

  5. Monitha said

    Selamat & sukses. Kamu adalah ‘mutiara’ dari nagi. Good luck

  6. asro said

    Terima kasih Monitha atas kunjungannya. Monita juga dari Nagi?

  7. Hendrik HKM said

    Terima kasih atas blog nya pak, sangat membantu saya yang baru saja terjun ke dunia proses kontrol..

  8. asro said

    Buat Hendrik, terima kasih atas kunjungannya.

  9. Omepras said

    Bagus Banget Artikelnya … Teruslah Menulis Pak ..
    Kita tahu karena kita mau .. Ilmu itu menjadi bermanfaat ketika
    kita mau berbagi … seperti blog ini .

    Salam

  10. asro said

    Buat Omepras, terima kasih atas kunjungannya.

  11. chandramde said

    Ding-Dong!
    Naaah, ini baru blognya orang pinter! Salut, Pak!🙂

  12. asro said

    Buat Chand, terima kasih atas kunjungannya.

  13. yanto said

    binun deh gw…🙂

  14. Gunawan said

    Bagus deh artikel2nya… dari kemarin nyari sequence anti-surge control baru jelas di sini. salut bener.. semoga akan bertambah artikel2nya

  15. Mas Asro,

    Sekitar 2 kali saya pernah melihat artikel yang ditulis orang Malaysia, baik dr Petronas atau Universiti Teknologi Petronas-nya, di international technical magazine. Bangga rasanya kalo ada penulis yang bisa mewakili Pertamina menampilkan tulisan di international journal. Mas Asro kan rajin menulis nih….saya dorong untuk mengirimkan artikel-artikelnya ke… misalnya Hydrocarbon Processing Magazines.. Yang penting Pertamina-nya muncul secara international

    Thanks
    Nova

  16. asro said

    Thanks Nova atas dorongannya, tapi harus nyari topik yang menarik.

  17. kurniadi said

    mudah2an blog ini bisa menambah ilmu bagi kita semua. Trims.

  18. ozant said

    Selamat pagi pak,
    blognya bagus,
    sepertinya bapak ini menguasai instrumentasi dan kendali ya

  19. asro said

    Thanks to Kurniadi dan Ozant atas kunjungannya.

  20. bendol said

    Ikutan om ya… Siapa tau bisa ketularan pinternya om-om.

  21. heNy said

    Trima kasih atas artikelnya,sangat membantu saya dalam menambah referensi instrument & control, saya nantikan artikel-artikel berikutnya.

  22. asro said

    Buat Bendol & HeNy, terima kasih atas kunjungannya.

  23. Getux said

    Pak, moga smua bermanfaat ya.. nice blog…

  24. handyw said

    Salam kenal pak/mas..
    Unik banget blognya, engineer expert + human touch , bisa nyambung juga ya..🙂
    Moga sukses selalu..

  25. asro said

    Thanks buat semuanya (Getux, Handy) atas kunjungannya.

  26. nata said

    Salam Kenal Pak Asro, terima kasih atas tulisan tentang Operator Training Simulatornya. btw saya bertanya in details tentang itu.. boleh minta email or telpnya😀

  27. asro said

    Untuk Nata, email saya yosepasro@yahoo.com

  28. Dullah Budiono said

    Tak sengaja saya cari informasi tentang diskrit proses control n nyasar di blog ini, Cukup nambah wawasan saya, thanks so much. Untuk saat ini saya sedang belajar tentang proses kontrol n brusaha menyampaikan pada murid murid saya agar dapat digunakan sebagai bekal untuk terjun di industri khususnya industri proses. kalo ndak keberatan saya mohon bapak bisa memberi informasi tentang situs ato alamat web yang bisa digunakan untuk belajar mengenai proses kontrol. Salam kenal n smoga sukses , Dullah Budiono

    • asro said

      Banyak situs tentang kontrol yang bagus, tapi saya tidak mencatatnya. Buku Modern Control-nya Ogata juga cukup jelas membahas tentang discrete control.

  29. Gusti said

    Very nice blog….. semoga banyak yang ngikutin nih.. semoga saya kelak juga bisa kayak gini, berbagi ilmu…:)) thanks pak…sukses selalu..

  30. Riyan said

    What a nice this blog…
    good luck for the owner…

    wah, kalo saya tertarik nhe pak untuk belajar n’ mendalami tentang Instrument Network, kalo saya boleh tau profil bapak…

    saya mau tau banyak tentang bapak….
    tolong konfirmasi saya ya pak…

    Thanks,

    Ryan

  31. asro said

    Buat Gusti dan Riyan, terima kasih atas kunjungannya.

  32. cintadollar said

    Makasih atas informasinya

  33. iqbal said

    makasih pak….
    bisakah saya tanya2 via email??
    bisa dijawab via email saya pak..

  34. dendi said

    menarik sekali bang asro blogs-nya.
    saya jadikan referensi browsing neh.

    anw, saya BPST XVIII sekarang ojt di RU-VI,

    Bang Asro ada referensi mengenai Axial Kompresor? (Saya Searching di Blogs-nya kayanya belum ad, mungkin bisa jadi bahan menulis. ++ Anti-Surge Control. hehehehe)(saya juga mw belajar nulis kaya bang asro)

    KKW saya membahas mengenai Anti-Surge Control di Main Air Blower yang nyebabin RCC kemaren trip. Yang Menjadi Kendala adalah kita ga ada akses yang bisa menembus algoritma dari sistem proteksi surge itu. di kunci ma vendorny (MAN-GHH). jadi pembelajaran saya stuck juga. teori2 anti-surge kebanyakan adanya untuk centrifugal. dan memang yang terpasang di RCC ini, unik. sepertinya ada modifikasi.

    Bang Asro ada solusi buat saya? (mungkin bisa via e-mail)

    Oia, saya ada info tentang international conference. mudah2an Bang Asro bisa mewakili pertamina.

    http://www.tf.itb.ac.id/2009/06/03/international-conference-on-instrumentation-control-automation/

    vivat instrument process control

    • asro said

      Terima kasih atas kunjungannya, saya tidak punya referensi antisurge control untuk axial compressor. Di RU II hanya ada antisurge control untuk centrifugal comppressor. Mari kita cari sama-sama, dan saling memberi info kalau ketemu. Thanks.

  35. kurniawan said

    mantap bang blog nya. bnyak pengendalinya..
    saya orang teknologi informasi tpi blajar sidikit tentang sistem kontrol juga.jdi saya awam bnget tentang sistem kontrol..
    mau minta bntuan nya..
    kmren saya praktek
    CLOSED LOOP PROPORTIONAL – DERIVATIVE CONTROL OF THE FLOW
    saya bingung tentang pengaruh P dan D dan kondisi paling stabil..
    mohon bles ke email saya yah..
    terima kasih banyak..

  36. endar said

    salam kenal
    ketemu ahlinya control saya pengen banget belajar.
    terima kasih.

  37. kurnia said

    mas Asro,
    bagus blog-nya, bermanfaat untuk banyak orang. Saya tadi cari-cari artikel tentang financial sebenarnya, trus ketemu blog ini. Selamat berbagi. Tuhan memberkati.

  38. sil said

    Halo pak Asro, mungkin perlu ditampilkan foto biar pembaca bisa lebih kenal..

  39. johnny Madon said

    Dear mr. Asro.

    I like to know more on Process Control Engineering.

    Can you Explain to Me the daily job task of a E&I Inspector or QC.

    Thank You.

    Johnny Madon
    Kuching Sarawak. Malaysia
    Email: johnnymadon6903@gmail.com

    • asro said

      Daily job activity for E&I engineer may vary from one company to another. Sometimes electrical, instrument and process control job done by same engineer. But sometimes, they separated; electrical for electrical engineer, instrument for instrument engineer and process control job for process control engineer.

      Another case is about inspection and maintenance activity. Sometimes both activities done by same engineer, but sometimes, they separated as follow:

      Inspector job list (just for example):
      • Equipment assessment (base on schedule or base on requirement).
      • Recommendation (repair, replace or modify).
      • Monitoring process reparing/replacing/modifying.
      • Final assesment/QC.
      • High level maintenance planing (ie: DCS migration planning, Electrical equipment overhaul planning, etc)

      Maintenance job list:
      • Preventive maintenance.
      • Throubleshooting.
      • Repairing, replacing or modifying according to inspector recommendation.

  40. Tri said

    Salam kenal Bang Asro,
    Situs ini sangat bermanfaat. Saya sedang mencari referensi tentang tuning PID. Saya sudah melakukan pencarian di blog ini tp belum ketemu. Saya menemukan link menarik orang yg menjual informasi ttg tuning PID

    http://www.pidtuning.net/?utm_source=7day&utm_medium=email&utm_campaign=day70

    Bagaimana menurut bang Asro, apakah worth kita beli info tsb? atau ada informasi bebas ttg tuning PID ini?

    Terimakasih ..salam.

  41. Ancis said

    Alow… yg punya blog ini orang nagi ko? Salam kenal…

  42. hasim said

    tank bang asro, kalau diijinkan akanku link ke blog saya, jika keberatan selanjutnya tar aku delet. mksh

  43. mauris said

    Pak Asro,
    Blog yang menarik Pak, banyak ilmunya.
    Terima kasih Pak.

  44. gmild said

    MAKASIH pak, sukses slalu………
    blog anda memudahkan tugas kuliah saya ^^

  45. Martin Lukito said

    Mas Astro saya sekarang sedang penelitian masalah karbon (Co2). apakah pengukuran TOC bisa dilakukan pada organ tanaman. dan dimana lab yang bisa saya coba untuk penggunaan TOC. Terima kasih banyak sebelum dan sesudahnya. Tuhan Memberkati. Amin

  46. tano said

    permisi bapak asro, terima kasih banyak atas isi blog yg sangat menarik dan menambah ilmu bagi semua pengunjung. saya mahasiswa mau ambil TA, saya butuh pengertian tentang multi kriteria decision making, bentuk ato metodekah dia ?? saya kurang mengerti, surfing demi surfing saya pun tetap bingung dan inilah usaha saya yang mungkin dapat timbal balik dari anda… tolong upload di blog anda, dan saya akan mengeceknya setiap hari. .. terima kasih banyak pak asro

  47. nixsol said

    nice banget …
    hebat … truz menulis pak .. biar lebih banyak amal & bertambah ilmunya.

    Salam hormat.

  48. athur said

    salam
    makasih pak saya sangat terbantu dengan blog bapak.
    kebetulan saya baru saja menyelesaikan KP,saya ingin bertanya apakah bapak tau tentang governor sistem pada steam turbin.kebetulan saya meneliti itu di tempat saya kp.
    mungkin ditempat kerja bapak,juga menggunakan governor saya boleh tau cara krja dan sistem kontrol kontrol didalamnya.makasih pak.
    artikel penjelasannya bisa bapak kirim ke email saya

  49. alrisblog said

    Nice. Salam kenal.

  50. wahyu N said

    Pak Asro, Salam Kenal,..

    kebetulan kita 1 “bendera” pak,.. tetapi saya bertugas di EP.

    kalau boleh ingin tau e-mail koorporat bapak, kbtulan saat ini saya d tempatkan d pengelolaan investasi.
    karna saya orang baru d bidang ini, saya senang sekali jika bapak bersedia berbagi dan mengajari ilmu.

    kalau boleh bapak infokan e-mail nya ke e-mail saya pak,

    terimakasih,
    salam.

  51. Dedis said

    Selamat Sore Pak Yosep,

    Bagus banget blognya……Pak yosep merupakan salah satu guru saya dalam belajar……moga2 terus bagi2 ilmunya.

    terima kasih banyak

  52. Indra said

    pak asro, salam kenal, saya Indra. Saya tertarik pak baca blog bapak tentang boiler control, kebetulan saya juga dedengkot teknik pengaturan tapi dari ITS. Skrng lagi ngerjain proyek fired coal boiler di leces pak. Kalau bisa sih, saya bisa sharing dengan bapak nih. Thanks pak.

  53. Indra said

    kalau pak asro berkenan bisakah saya sharing mungkin lewat email? karena di blog bapak tidak disertakan email pak. Trims..

  54. Yonas said

    Salam kenal om alumni

    Saya yonas alumni EL04 tapi bukan subjur C sih, tapi subjur F yang sekarang terpikat di dunia instrumentasi dan kontrol😀
    Apa Mas punya yahoo id atau alamat email yang bisa dihubungi? saya baru 5 bulan jadi instrument engineer dan berharap bisa belajar banyak dari sesama rekan alumni.
    oke champ?

  55. Edgar Gerriano said

    So inspiring…

    keep the good works… I’m on your side🙂

  56. bayu praja said

    saya tertarik dengan referensi UFM (ultrasonic flow meter), jikalau bapak berkenan saya minta ym pak asro atau email, saya ingin sekali bertanya tentang UFM,
    saat ini saya sedang melaksanakan Tugas Akhir saya di PTS di surabaya.topik tugas akhir saya intinya menghitung volume air dengan sensor ultrasonic.

    mohon bantuannya pak.
    terima kasih..

  57. ispurgalant said

    salam kenal…. skalipun saya tdk dilahirkan di tanah nagi, namun 10 tahun hidup di nagi dgn mengabdikan diri di sman 468 larantuka yg tlah membentukku jadi orang begini trasa selalu terkenang dgn Larantuka terlebih SMAN Larantuka dan SMA PGRI Larantuka. karena dr sanalah awalnya statusku di bentuk.

    • asro said

      Salam kenal Pa, berarti bapak guru di SMAN 465 kah? Mengajar di sana tahun berapa? Jangan-jangan bapak adalah salah seorang guru saya?

  58. juare97 said

    salam kenal pak.

    bolehkah saya memasukkan link blog bapak di blog saya? http://juare97.wordpress.com

    terima kasih atas sharingnya.

    salam,
    Juni

  59. shuk said

    salam, hype…
    i just wanna to noe..do you learn about chem eng?
    bcoz i’m chem eng student..i want to read this blog that really related to my carrier…

  60. Apa kabar pak Yosep,
    Setelah baca2 blog ini jadi ingat waktu saya kerja di salah satu project bapak.
    Saya waktu itu bekerja sebagai instrument Supervisor ( Foxboro ) untuk project ReInstrumentasi Kilang Dumai.
    Mudah2an bapak masih ingat sama saya.

    Salam
    Aan Kartobi

  61. Apa kabar Pak Yosep,..
    Jadi inget waktu kerja di salah satu project bapak. waktu itu posisi saya sebagai Instrument Supervisor (Foxboro) pada project ReInstrumentasi Kilang UP II Dumai.
    Mudah2an pak Yosep masih ingat sama saya.

    Salam
    Aan Kartobi

    • asro said

      Tentu masih ingat Pa. Aan, salah satu supervisory terbaik. Apa kabar Pa Aan? Apa masih bergabung dengan Pa. Ramto?

      • saya sekarang kerja di Total E&P, dan kebetulan sekarang saya sedang di tugaskan di Angola untuk project Pazflor FPSO.
        Kurang lebih sudah 8 tahun gabung dengan Total dan setalah project yang di Balikpapan selesai saya tidak gabung lagi dengan beliau.

  62. punokawan said

    Semangat pagi n Renewable Spirit pak Asro…..
    Saya Aris,, Junior Technician (Angkt. BKJT D1-BUMN) di RU III Plaju….Pak Asro di unit kami baru dilakukan Re-instrumentasi menggunakan Foxboro I/A series,,,tetapi document-document nya sampe sekarang belum lengkap,,,sehingga kami jadi kesulitan untuk melakukan troubleshooting,,mohon bantuannya pak.
    Kalau ada buku-buku tentang Foxboro I/A Series kami sangat berharap sekali…saya tertarik dengan OTS bapak….sangat tertarik sekali untuk mempelajarinya,,,apakah ada tutorial2 nya pak…
    Terima Kasih….

  63. Oliver said

    Tak sengaja saya cari informasi tentang diskrit proses control n nyasar di blog ini, Cukup nambah wawasan saya, thanks so much. Untuk saat ini saya sedang belajar tentang proses kontrol n brusaha menyampaikan pada murid murid saya agar dapat digunakan sebagai bekal untuk terjun di industri khususnya industri proses. kalo ndak keberatan saya mohon bapak bisa memberi informasi tentang situs ato alamat web yang bisa digunakan untuk belajar mengenai proses kontrol. Salam kenal n smoga sukses , Dullah Budiono
    +1

  64. Adsloko said

    Salam kenal pak asro, semoga web-blog ini dapat menjadi referensi saya belajar instrument. Mantab dan Pertamax!!!!

  65. Erwin said

    Salam kenal pak , teruslah berbagi pak, agar bermanfaat untuk Orang Banyak ..

    Saluuttee …..for Asro..

    \

  66. […] digital lainnya. 5) Electrical Power Supply (voltage, phase, frequency, power). Kontributor: Ir Yosep Asro Wain (Mantan Instrument Project Engineer, Kilang Putri Tujuh, UP II Dumai, PT Pertamina)Baca artikel […]

  67. setiabudi soedarma said

    saya sangat tertarik dengan artikel nya, saya punya permasalahan dengan UFM. Apakah bisa bantu ?

  68. desmansyah said

    Malam Pak Asro,

    Saya adalah fresh graduate yang ditugaskan untuk membuat punchlist precomm and comisioning untuk gas turbin kompresor, expander kompressor dan gas engine turbin. Tetapi karena masih baru saya sangat kesulitan untuk membuatnya, barangkali pak asro punya dokumen untuk punchlist ini atau masukan dalam pembuatannya.

    Salam, Desman
    Desman_male@yahoo.co.id

  69. budi setyawan said

    saya sedang mencari buku surat dari dan kepada si kuncup.saya kesulitan mendapatkannya, apa bisa dibantu? saya sudah hubungi biro nasional kepausan indonesia selaku penerbit disarankan agar saya mengkopi sendiri jika menemukan buku tsb. ini email saya : buset82@yahoo.com

  70. haniawan said

    Blog sangat bagus sekali, to the point dan gampang di mengerti. Terimakasih untuk sharingnya.

  71. boy said

    blognya bagus,,,mas,,,sya bisa tanya2 lewat telpon tentang kontrol PID analog menggunakan op-amp???saya lagi bingung cara membuatnya n bingung ama rumus2 matematis dari P,I,dan D,,,,

  72. bobi(boy) said

    met sore mas,,,mas bisa tanya2 tentang PID analog menggunakan op-amp????saya bingung ama rangkaiannya n rumus2 dri masing2 P,I,n D….Bisa mas???

  73. Rizal Azmi said

    Pak Asro.. blognya bagus pak.. saya minta izin pak ya simpan link bapak di blog saya ya? http://rizalprocess.wordpress.com/
    terimakasih banyak atas sharing ilmunya ya..

    salam, Rizal Azmi

  74. Selamat sore pak Asro…
    Perkenalkan nama saya aditya.., Saya mendapatkan dari pembimbing KKW saya di pertamina RU V Balikpapan… “Evaluasi sistem instrumentasi dan kontrol pada boiler IV”… selama 4 hari ini saya coba pelajari PFD dan PI&D dari sistem boiler tersebut, syukur sudah sedikit paham setelah membaca blog bapak… Sekarang saya sedang bingung menentukan batasan masalah apa yang akan dibahas di kkw saya, sekiranya bapak bisa memberi saran bagi saya kira2 bagian mana dari instrumentasi dan kontrol yang bisa saya kaji lebih dalam di boiler? yang nantinya bisa menghasilkan saran untuk pengembangan sistem kontrol dan instrumentasi di RU dengan waktu efektif sekitar 3 minggu… Terimakasih banyak pak Asro,,

  75. thaks yah atas semua tulisannya, semoga bermanfaat, salam kenal

  76. Hey There. I found your blog using msn. This is an extremely well written article.
    I will be sure to bookmark it and come back to read more of your useful info.
    Thanks for the post. I’ll certainly return.

  77. AfifAfif said

    Sulit menemukan artikel2 berbahasa Indonesia tentang instrument & kontrol seperti blog Pak Asro ini. Terus diupdate blognya Pak, biar terus menginspirasi yg lain.
    Salam kenal, saya lahir & besar di Dumai, orgtua saya jg msh di RUII dumai.

  78. sukses tuk bloknya pak

  79. dona sherly said

    selamat sore pak super sekali untuk blognya ini.. saya ingin bertanya perihal tuning CCS di PLTU.. dsitu dilakukan perubahan gain-gain PID controlernya seperti pada main steam pressure nya.. pertanyaan saya mengapa gainnya dirubah dan apa pengaruhnya (kebetulan saya kurang paham mengenai kontrol) mohon bantuannya pak terima kasih byk

  80. wibi said

    pak untuk konversi data apakah itu rumus konversi exponential dan logarithmic ke linear gunakan rumus [=LN(y)] dan [=log10(y)]. Sedangkan untuk konversi sigmoid ke linear dapat digunakan fungsi logistic [=log10(y/(1-y))] atau probit transformation [=NORMINV(y,5,1)]. sudah dipatenkan? sumber nya dari mana y pak? trimaksih

  81. fara said

    Selamat siang bapak
    Nama saya Fara. saya adalah mahasiswa konsentrasi instrumentasi pak . Mhon maaf pak . Di dalam blog ini bpak tidak menyertakan email. Semoga bapak bisa memberikan email bapak, agar kami mahasiswa instrumentasi dapat bertanya lebih dalam tentang instrumentasi pak . Terima Kasih pak

  82. salam kenal pak Asro, saya Heri SB dari Geotindo. Semoga terus semangat berbagi pengetahuan melalui menulis…

  83. iqbal Dasril said

    Thanks Lot pak Asro,
    Ilmunya sangat bermanfaat bagi saya.
    Tulisannya terstruktur , sangat jelas , detail namun mudah dipahami .
    Seandainya di compile jadi e-book pasti mantab.

    Terimakasih atas sharing ilmunya

  84. iqbal Dasril said

    Salut buat bapak, setelah berjam jam baca materi tentang instrument dan process control
    ternyata saya menemukan topik tentang pajak , management, akuntansi bahkan prosa sastra.
    Menjadi luar biasa karena di tulis oleh seorang engineer.

    [request] Ditunggu materi materi instrument process selanjutnya, especially mengenai Safety Instrumented System dan kalau bisa fire and Gas System juga pak.

    Maaf lupa memperkenalkan diri.
    Iqbal Dasril , Electrical Instrument Maintenance Supervisor (Vico Indonesia ), EL ITB ’03

  85. Aqmal FA said

    perkenalkan pak, nama saya Aqmal. Saya mahasiswa dari STEM Akamigas Cepu. mohon izin bertanya, saya ini ingin sekali belajar tentang proses kontrol dilapangan seperti yang bapak bahas diatas (Process Equipment Control/Process Control). kalau berkenan, Mungkin saya ingin tau dimana saya bisa belajar lebih jauh tentang materi diatas? Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: