Asro Pun’ Blog

JCCP TR-21-09

Posted by asro pada 6 Februari 2010

Sebagai negara yang sebagian besar kebutuhan minyak buminya diperoleh dari import, Jepang memberikan prioritas yang tinggi untuk menjamin stabilitas pasokan minyak bumi, yaitu dengan menjaga hubungan baik dan erat dengan negara-negara produsen minyak bumi.  Ditambah lagi dengan kondisi dunia saat  ini yang berubah begitu cepat dan turbulen, Jepang merasa sangat penting dan krusial untuk menjaga hubungan baik tersebut.

Dari prepektif inilah, Japan Coorperation Center Petroleum yang sering dikenal dengan JCCP didirikan pada bulan Nopember 1981.   JCCP bertujuan untuk mempromosikan kerja sama teknis dan pertukaran personil dengan negara-negara penghasil minyak. Kegiatan utamanya meliputi penyediaan program training untuk tenaga teknis maupun administrasi, pengiriman tenaga ahli Jepang ke luar negeri, mensponsor konferensi dan seminar internasional dan untuk melakukan studi dan penelitian. Khusus untuk program training,  hampir setiap tahun perusahaan tempat saya bekerja mengirimkan engineer  untuk mengikuti berbagai program training di Jepang.

Saya beruntung karena diberikan kesempatan untuk mengikuti salah satu program training JCCP, yang akan dilaksanakan dari tanggal 09 Februari s/d 26 Februari 2010 mendatang. Program training yang akan saya ikuti adalah TR-21-09: Advanced Process Control on DCS. Jadwal lengkapnya adalah sbb:

5 Tanggapan to “JCCP TR-21-09”

  1. nata said

    wah…salam buat sasaki san dan suzuki san, alumni TR-21 2009😀

    • asro said

      Saya sudah sampaikan salamnya ke Sasaki San dan Suzuki San. Kesan mereka ke Pa Nata adalah “He is still young, he is smart”.

      Saat ini kami sedang field trip di Hiroshima, tadi siang ke Yamaguchi Refinery.

      • nata said

        Ingat pada saat di Hiroshima, saya telat kumpul di lobby hotel gara2 lupa jadwal😀
        Akhirnya dihukum disuruh bawah bendera JCCP hihihihi.

        Btw mas Asro terima kasih kemaren atas informasinya OTSnya, saat ini udah selesai implementasinya..tapi memang masih banyak yang harus dipelajari lagi..

  2. Made Kurniawan said

    Salam Kenal pak, saya tergolong baru dalam mempelajari DCS, kalau bisa di share pak hasil trainingnya di jepang. Saya mengikuti tulisan-tulisan pak asro sangat bermanfaat sekali bagi yang baru mempelajari DCS

  3. sihnyoto said

    salam kenal pak,trima kasih atas tulisan2nya…sangat bermanfaat dan membantu saya sebagai operator…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: