Asro Pun’ Blog

Defuzzifier

Posted by asro pada 7 Juli 2009

Sehubungan dengan adanya pertanyaan mengenai defuzzifier di tulisan Fuzzy Control  dari salah seorang pengunjung blog ini, maka kali ini akan diuraikan  lebih detail mengenai proses defuzzifier yang saya ambil dari buku A Course in Fuzzy Systems and Control karangan Li-Xin Wang.

Defuzzifier merupakan proses memetakan himpunan fuzzy B’ yang merupakan hasil keluaran (hasil perhitungan) fuzzy inference engine kedalam variable di dunia nyata. 

Sesudah proses inference engine, kita akan mendapatkan sebuah himpunan fuzzy B’ yang merupakan gabungan atau irisan (bergantung pada jenis inference engine yang digunakan) dari beberapa himpunan fuzzy, seperti contoh pada gambar berikut.

 Defuzzifier 1

Tugas defuzzifier adalah menentukan sebuah titik di dalam B’ yang paling mewakili, dimana absis titik tersebut yang bernilai y* akan dijadikan keluaran/output perhitungan fuzzy.  Dalam statistik,   nilai yang paling mewakili  sekumpulan data/sample biasanya nilai rata-rata. Akan tetapi karena fuzzy bukanlah statistik, maka penentuan titik dalam B’ tersebut sedikit berbeda dari statistik. Terdapat 3 cara penentuannya, yaitu center of gravity, center average dan maximum.

Center of gravity defuzzifier.  Pada metode ini, titik y* diambila sedemikian hingga garis tegaknya akan membagi area B’ menjadi dua bagian, sebelah kiri dan kanan sama besar.

 Defuzzifier 2

Secara umum, rumus matematiknya adalah sbb:

 Defuzzifier 3

Center average defuzzifier.  Dengan metode ini, titik y* merupakan rata-rata tertimbang dari pusat masing-masing himpunan fuzzy pembentuk B’ (weight average of the center of input fuzzy). Yang menjadi bobot/weight-nya adalah tinggi pusat masing-masing himpunan fuzzy input (w1 dan w2).

 Defuzzifier 4

Secara umum, rumus matematisnya adalah sbb:

 Defuzzifier 5

Maximum defuzzifier.  Dengan metode ini, y* diambil pada titik dimana nilai fuzzy-nya paling besar.

 Defuzzifier 6

Secara umum, rumus matematisnya adalah y* = any point in hgt(B’), dengan hgt(B’) adalah titik-titik pada absis yang nilai fuzzy-nya paling besar.

Bisa saja terjadi dalam B’ terdapat lebih dari satu titik yang memiliki nilai fuzzy tertinggi.  Jika ini terjadi maka penentuan y* diambil dengan cara berikut:  smallest of maxima atau largest of maxima atau mean of maxima.

Defuzzifier 7

Rumus matematisnya adalah sbb;

Defuzzifier 8

Contoh 1.  Untuk lebih memahami proses defuzzifier, akan diberikan contoh sebagai berikut.

 Defuzzifier 9

Contoh 2.  Pada contoh 1 hanya digambarkan proses defuzzifier (himpunan fuzzy B’ sudah tersedia). Pada contoh 2 ini, semua proses dalam fuzzy system akan dibahas, mulai dari fuzzifier, rule base, inference engine sampai defuzzifier.

Defuzzifier 10

Satu Tanggapan to “Defuzzifier”

  1. ina said

    terimakasih banyak pak atas penjelasannya, sangat detail dan sangat membantu… semoga bapak tidak bosan-bosan menjawab semua pertanyaan kami yang awam ini…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: