Asro Pun’ Blog

SIS : (1) Apa itu SIS?

Posted by asro pada 16 Februari 2009

Dalam industri proses, istilah safety interlock system, safety instrumented system (SIS), safety shutdown system, emergency shutdown system (ESD) merupakan istilah yang merujuk pada peralatan/sistem yang sama. Setelah melalui perdebatan yang panjang, dimana pengguna masing-masing istilah tersebut saling mempertahankan pendapatnya,  akhirnya komite ISA SP84 sepakat dan memutuskan untuk menggunakan istilah safety instrumented system (SIS) untuk peralatan/sistem tersebut. Bagi pembaca yang masih fanatik dengan istilah lain selain SIS, mohon maaf karena dalam tulisan ini serta tulisan lainnya dalam blog ini saya akan menggunakan istilah SIS ini.

Lalu, apa itu safety instrumented system (SIS)? SIS merupakan peralatan/sistem yang dirancang untuk memonitor kondisi berbahaya dalam suatu plant (dalam hal ini unit operasi) dan melakukan aksi apabila terjadi kondisi berbahaya atau kondisi dimana jika tidak dilakukan aksi maka akan menimbulkan bahaya. Peralatan/sistem ini akan menghasilkan output yang akan mencegah bahaya atau mengurangi akibatnya.

Secara umum, SIS terdiri dari sensor, logic solver atau disebut juga safety control dan final element, seperti diperlihatkan pada gambar berikut.

 sis-1

Tulisan ini merupakan bagian pertama dari tulisan berseri mengenai safety instrumented system (SIS). Bahan utama tulisan untuk seri-seri awal ini, disadur dari buku Safety Shutdown Systems: Design, Analysis and Justification; Karangan Paul Gruhn, PE & Harry L. Chelddie PE. dan Control Systems Safety Evaluation & Reliability, 2nd Ediition;  Karangan William M. Goble.  Bagi pembaca yang ingin lebih mendalaminya dapat membacanya pada kedua buku tersebut.

3 Tanggapan to “SIS : (1) Apa itu SIS?”

  1. Penerapan SIS apa merupakan suatu Standard Requirement pada Process Industri, jika kita nggak ngikutinya gimana ya PAk apa ada sangsinya.

    • asro said

      Penerapan SIS sudah ada standardnya, misalnya ANSI/ISA-84.01 atau yang lainnya. Sebenarnya penerapan SIS dalam industri itu merupakan kebutuhan untuk mengamankan operasi industri. Sayangnya banyak industri yang belum menyadari hal ini. Kalaupun mereka menggunakannya, itu hanya semata-mata untuk memenuhi regulasi, misalnya desakan/persyaratan asuransi.

  2. ia said

    pak, saya adalah seorang mahasiswi yang pada semester depan akan mulai megerjakan tugas akhir. Setelah membaca postingan bapak,saya tertarik dengam Safety Instrumented System ini.. Menurut bapak, sebaiknya topik seperti apa ya yang bisa saya kembangkan mengenai SIS ini?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: