Asro Pun’ Blog

Pengukuran Kinematic Viscosity ASTM D-445

Posted by asro pada 18 September 2008

Viscosity merupakan sifat internal fluida yang menolak untuk mengalir.  Kata viscosity juga dipakai sebagai ukuran keengganan/resistansi suatu fluida untuk mengalir.  Ada 2 jenis viscosity, yaitu dynamic (atau absolute) viscosity dan kinematic viscosty.  Kinematic viscosity merupakan perbandingan dynamic viscosity tarhadap density.  Satuan untuk dynamic viscosity adalah Pa s atau Ns/m2 (=1 Pa s) atau kg/m s (=1 Pa s) atau g/cm s (=0.1 Pa s) atau dyne s/cm2 (=0.1 Pa s) atau poise, P (0.1 Pa s) atau centiPoise, cP (=0.01 P).  Sedangkan satuan untuk kinematic viscosity adalah m2/s atau Stoke, St (=0.0001 m2/s) atau Centistoke, cSt (=0.01 St).

Viscosity dari produk-produk perminyakan (petroleum) penting untuk diketahui karena nilai viscosity ini akan mempengaruhi sistem penimbuan/storage-nya, handling-nya dan kondisi operasi-nya, terutama untuk lubeoil (oli).

ASTM D-445 mengatur prosedur untuk menentukan kinematic viscosity produk-produk perminyakan. Setelah kinematic viscosity diketahui, dynamic viscosity dapat diperoleh dengan mengalikan kinematic viscosity tersebut dengan density.

Prinsip kerja alat ini adalah dengan mengukur waktu yang diperlukan oleh sejumlah liquid yang mengalir dibawah gaya grafitasi dalam viscometer pada kondisi temperature tertentu. Kinematic viscosity diperoleh dengan mengalikan waktu yang diperoleh tersebut dengan konstanta viscometer sesuai hasil kalibrasi.

Konfigurasi alat ukur kinematic viscosity sesuai ASTM D-445 adalah terdiri dari: 1) Viscometer & Holder; 2) Temperature Contolled Bath; 3) Temperature Measuring Device; 4) Timing Device.

Berikut adalah Alat Ukur Kinematik Viscosity ASTM D-445 dari beberapa vendor.

6 Tanggapan to “Pengukuran Kinematic Viscosity ASTM D-445”

  1. Alex said

    terimakasih pak asro, kalau boleh saya tau berapa nomor hp bapak, karena kantor saya bergerak dibidang kalibrasi dan rencana akan mengadakan perluasan ruang lingkup ke viskometer kapiler. Jika bapak bersedia saya mengucapkan banyak terimakasih.alex

  2. ijuk_74 said

    density (rho) minyak pelumas (oli) berapa yah…??
    apa sama rho minyak..??

  3. HANDOKO said

    pak, kami bergerak dibidang pelumas/ oli. kami ingin bertanya tentang peralatan lab khususnya viscometer. kalau boleh tau berapa no tlp/ hp bpk agar bisa saya hubungi langsung. terima kasih.

  4. pak asro, ikhsan dan saat ini masih kuliah.
    saya ingin menanyakan apakah tabel viskosimeter di atas menunjukkan “konstanta pengali terhadap waktu yang diperoleh”? kalau iya bagaimana cara nya? saya masih kurang jelas dengan tabel di atas.
    terima kasih

  5. Sumarno said

    Pak mohon informasi untuk minyak media pemanasnya pakai apa ya ?

  6. Rahman Syah said

    pak astro saya mau beli alat pengukur kinematic viscosity, di indonesia supllier nya dimana? kalau beli sudah paket atau harus dirinci /item

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: