Asro Pun’ Blog

Pengukuran Copper Corrosion ASTM D-130

Posted by asro pada 20 Agustus 2008

Minyak bumi (crude petroleum) umumnya mengandung senyawa sulfur, sebagian senyawa ini akan terikut sampai ke produk akhir walaupun dalam  pengilangan sudah ada proses pembersihannya.  Senyawa sulfur dalam produk minyak bumi  ada  yang bersifat korosif,  tingkat korosifnya harus dibatasi agar konsumen tidak dirugikan.

ASTM D-130 mengatur cara untuk mendeteksi tingkat korosi pada tembaga (corrosiveness to copper) dari produk-produk minyak bumi.  Produk minyak bumi yang diatur oleh standard ini meliputi aviation gasoline, aviation turbine fuel, automotive gasoline, natural gasoline atau produk lainnya yang memiliki RVP tidak lebih besar dari 18 psi (124 kPa), cleaners solvent, kerosene, diesel fuel, distillate fuel oil dan  lubricating oil atau produk sejenis lainnya.

Prinsip Kerja.  Sekeping tembaga (Polished copper strip) dimasukkan/direndam dalam sample yang akan diuji, kemudian dipanaskan pada suhu tertentu selama beberapa waktu sesuai karakteristik dari sample. Selama direndam, copper strip tersebut kemungkinan besar akan berubah warna sesuai dengan tingkat korosi sample.  Setelah itu, copper strip diangkat,  dikeringkan dan dibandingkan warnanya dengan warna standard untuk mendapatkan tingkat korosif dari sample yang ditest.

Konfigurasi Peralatan. Peralatan yang digunakan sesuai ASTM D-130, terdiri dari: 1) Test Tubes sebagai wadah untuk sample yang akan ditest & Test Bomb sebagai pelindung tube yang akan direndam dalam fluida panas ; 2) Test Bath sebagai wadah yang berisi fluida panas untuk merendam Tube yang berisi sample; 3) Thermometers untuk mengukur suhu; 4) Polishing Vise untuk menahan Copper strip selama proses polishing; 5) Viewing Test Tubes untuk memproteksi Copper strip selama inspeksi atau penyimpanan dan 6) Material Accessories. Material Accessories antara lain terdiri dari: a) Wash Solvent; b) Polishing Material (Silicon paper 240-grit & 150-mesh, dan absorbent cotton); c) Copper Strip; dan d) ASTM Copper Strip Corrosion Standard.

Berikut adalah Alat ukur Copper Corrosion ASTM D-130 dari beberapa vendor/manufacturer.

Satu Tanggapan to “Pengukuran Copper Corrosion ASTM D-130”

  1. mansyur said

    untuk material yang apa ada misal baja tuang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: