Asro Pun’ Blog

Oil Content Meter

Posted by asro pada 28 Juli 2008

Kadar minyak dalam air merupakan salah satu indikator kwalitas air, oleh karena itu mengetahui kadar minyak dalam air sangat diperlukan, terutama yang terkait dengan permasalahan lingkungan (air limbah) maupun pada pabrik pengelolahan air bersih.

Sistem pengukuran kadar minyak dalam air yang paling banyak digunakan adalah dengan metoda ekstraksi (extraction methode). Dalam metoda ini, larutan minyak dalam air diekstrak dengan menggunakan solven tertentu. Hasil ekstraksi kemudian disinari dengan sinar IR atau UV. Sesuai dengan sifatnya, hasil ekstrasi akan menyerap gelombang IR atau UV pada panjang gelombang tertentu dengan intensitas yang berbanding lurus dengan kadar minyak yang diekstraksi. Jadi dengan mengukur intensitas sinar yang diserap, maka dapat diketahui kadar minya yang ada. Jenis solven yang digunakan untuk ekstraksi bermacam-macam, ada yang ramah lingkungan, tetapi ada juga yang tidak ramah lingkungan (misalnya jenis freon atau halon), untuk itu perlu hati-hati dalam memilih solven karena jenis yang tidak ramah lingkungan sudah dilarang penggunaannya di Indonesia.  Jenis detector yang dipakai bergantung pada sinar yang digunakan, untuk IR (atau NDIR) menggunakan Pyroelectric sensor atau sejenisnya, sedangkan untuk UV menggunakan photomultiplier tube atau sejenisnya.

Sistem pengukuran lainnya adalah dengan metoda turbidity. Dalam metoda ini, mula-mula kandungan minyak dalam air dibuat menjadi emulsi dengan menggunakan vibrasi ultrasonic. Larutan emulsi ini kemudian disinari, untuk diukur turbidity-nya yang sebanding dengan kadar minyak dalam air. Apa itu turbidity? Sesuai dengan sifatnya, maka emulsi minyak dan air akan memencarkan cahaya yang datang dengan intensitas sesuai kekentalan emulsi yang menunjukan kadar minyak didalamnya. Turbidity adalah perbandingan antara intensitas cahaya yang dipencarkan dengan intensitas cahaya yang datang. Jadi dengan mengetahui turbidity ini maka kadar minyak dapat diketahui.

Berikut adalah contoh Oil Content Meter dari beberapa merek.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: