Asro Pun’ Blog

Algoritma PID pada DCS Honeywell Experion PKS

Posted by asro pada 6 Juni 2008

Proportional + Integral + Differential Control yang lebih dikenal dengan PID merupakan jenis aksi kontrol (control action) yang banyak digunakan dalam process control (pengontrolan unit proses).

Algoritma PID control dapat ditulis dalam bentuk persamaan berikut:

 

Atau dalam bentuk laplace trasform (Bidang S) berikut:

 

 

Algoritma ini disebut ideal PID.  Dalam prakteknya terdapat banyak sekali variannya. Salah satu contohnya adalah seperti yang ada di DCS Honeywell Experion PKS. Terdapat 5 jenis/varian PID control yang tersedia di DCS tersebut, yaitu (dalam bentuk laplace):

 

Diskritisasi (merubah menjadi bentuk diskrit) kelima algoritma diatas dengan metoda backward difference [s = (1 – Z-1)/Ts], diperoleh:

 

Kelima algoritma diskrit ini lebih gampang dimengerti ketimbang persamaan laplace diatas. Perhitungannya cukup sederhana (hanya menggunakan operator “tambah”, “kurang”, “kali” dan “bagi”), jadi bisa dilakukan dengan menggunakan spreedsheet seperti microsoft excell.

Saya sendiri sudah membuat simulasi untuk ke-5 algoritma control ini dengan menggunakan microsoft excell. Diagram blok sistem simulasi yang saya buat seperti pada gambar berikut:

 

 

 

Blok Experion Control berisi kelima algoritma diatas, sedangkan blok Plant yang digunakan dalam simulasi ini merupakan sistem orde satu dengan dead-time, yang dinyatakan dalam bentuk laplace berikut:

Atau dalam bentuk diskritnya adalah:

Selain dengan menggunakan persamaan diskrit ini, simulasi untuk Plant juga dapat dilakukan dengan menggunakan persamaan kontinyu. Invers laplace transform terhadap persamaan diatas dengan CV berupa signal step akan mendapatkan persamaan kontinyu sbb:

 

Dalam simulasi ini, saya menggunakan persamaan terakhir ini karena hasilnya lebih halus (smooth).

 

Front-End dari simulasi yang saya buat terlihat seperti gambar berikut:

 

 

Simulasi seperti ini sangat bermanfaat untuk:

–  Mengetahui karakteristik masing-masing algoritma control yang ada.

–  Membantu saat melakukan tunning control.

Yang berminat dengan simulasi ini, silakan tinggalkan alamat email di halaman Komentar di Blog ini dan saya akan mengirimkannya lewat email tersebut.

Semoga bermanfaat.

 

 

191 Tanggapan to “Algoritma PID pada DCS Honeywell Experion PKS”

  1. eko sulistyo said

    saya tertarik dg penjelasan diatas tolong dikirim asal usul dari rumus PID tsb. Kalau bisa basic integral dan differensial karena udah lama ngga dipakai jadi lupa.

    Thanks’

  2. asro said

    Terima kasih Pa. Eko atas kunjungannya. Rumus PID dalam bentuk laplace (bidang s) diatas saya ambil dari Electronic Document-nya Honeywell. Saya merubahnya ke bentuk diskrit karena menurut saya bentuk diskrit lebih mudah perhitungannya di excell dari pada bentuk analog. File Simulasi yang saya buat sudah dikirim melalui email, semoga bermanfaat.

  3. […] Terakhir asro pada Algoritma PID pada DCS Honeywell Experion PKSeko sulistyo pada Algoritma PID pada DCS Honeywell Experion PKSasro pada Operator Training […]

  4. Syafran said

    Saya tertarik sekali tentang process control yang dipaparkan, jadi bertambah mengerti tentang control. Oh ya bila berkenan saya pingin mengetahui tentang control Lead/Lag dan interactive process (Multi Input Multi Output (MIMO))yang terakhir Saya berminat dengan simulasi yang bp jelaskan. Semoga ilmunya bermanfaat.

    Salam
    SS

  5. Rian Arfansyah said

    Sangat menarik penjelasan mengenai diskritisasi walaupun singkat, saya berminat dengan simulasinya.
    Trims sebelumnya

  6. asro said

    Buat Syafran & Rian, file simulasi sudah dikirim melalui email pribadi, semoga bermanfaat dan jika ada hal yang mau didiskusikan bisa melalui blog ini atau email pribadi.
    Buat Syafran, tentang lead/lag control dan interactive control akan dibahas dalam topik process control pada serie-serie mendatang, jadi tunggu saja.

    Thanks

  7. Mas Asro,

    Ketika loop control baru di Auto, untuk siklus pertama (k=1)perhitungan PID pada integral output CVik=CVik-1 + K Ts/T1 Ek. Maka CVik-1 diambil dari mana? apakah 0 karena belum punya nilai?
    Saya sedang membayangkan level tank yang di set manual, control valve opening n% sedemikian hingga inlet=outlet sehingga level steady pada m%. Ketika set-point sengaja di set m% juga dan begitu di AUTO seharusnya control valve-nya tetap diam pada kondisi tunak tersebut karena Ek=0. Berarti CVik-1 harus diambil dari nilai manipulated variable (output to control valve) yang dimasukkan secara manual itu?

    Thanks atas bantuannya

  8. asro said

    Nova,
    Betul, pada siklus pertama (k=1), CVik-1 = nilai output terakhir pada saat control masih Manual (sesaat sebelum Auto). Jika pada saat Manual sistemnya sudah stabil dengan output m%, maka ketika di-Auto, CVik tetap = m%.

  9. […] Ketika persamaan PID continuous tersebut dipecah-pecah menjadi persamaan diskrit dengan metode matematika tingkat lanjut yang susah untuk saya mengerti itu. Maka di dapatkan persamaan PID diskrit sebagaimana dijelaskan dalam blog seorang kawan blogger dari Pertamina berikut https://asro.wordpress.com/2008/06/06/algoritma-pid-pada-dcs-honeywell-experion-pks/ […]

  10. Golan said

    Terima kasih pak sudah mau share, tolong saya di kirim juga ya pak program simulasi nya.

  11. asro said

    Untuk Golan, file simulasi sudah dikirim via email, semoga bermanfaat.

  12. Bangun said

    Wah, sangat bermanfaat terutama pada saat melakukan tuning control.
    Mas Asro, saya minta file simulasinya juga yak..
    Thanks

  13. asro said

    Untuk Bangun, file simulasi sudah dikirim melalui email.

    • Purgiyanto said

      mohon bantuannya untuk dikirimkan file simulasi, untuk menambah pengetahuannya. saya bekerja di pabrik dengan control boiler three element control system dan menggunakan yokogawa. sistem yang ada dengan menggunakan 2 boiler untuk menjalankan 2 turbin dengan 1 pipa header steam dan sering terjadi fluktuatif level dengan cepat, pengetahuan tuning sangat saya perlukan

  14. nDang said

    Saya ingin belajar PLC, SCADA dan DCS.
    Adakah tempat kursus yang mumpuni dan bersertifikat? Mohon informasinya
    Karena ingin saya gunakan dalam dunia kerja.
    Terimakasih

  15. asro said

    Banyak lembaga kursus maupun perguruan tinggi menyediakan kursus mengenai PLC, Scada maupun DCS. Akan tetapi menurut saya materi kursus yang diberikan oleh lembaga-lembaga tersebut sifatnya sangat umum/general. Kursus yang paling baik adalah yang diberikan oleh vendor masing-masing peralatan. Perlu diingat bahwa dengan mengikuti kursus tersebut tidak langsung membuat seseorang menjadi ahli, harus diikuti dengan praktek secara berulang. Menurut saya, transfer ilmu/knowledge paling baik adalah melalui praktek secara langsung (learning by doing). Salah satunya adalah seperti yang kami lakukan, yaitu dengan melibatkan engineer secara langsung dalam proyek-proyek yang kami kelola/project involvement (walaupun program ini tidak berjalan dengan mulus, mengingat para engineer di perusahaan kami bekerja, selain mengikuti proyek, mereka juga dibebani dengan banyak pekerjaan lainnya). Dalam proyek, semua tahap keenjiniringan dilakukan yaitu dimulai dari system design, instalasi & set-up, pemrograman sampai testing & commissioning termasuk troubleshooting. Jadi dengan mengikuti semua tahap tersebut yang dilakukan antara 3 s/d 12 bulan, banyak pengalaman/ pengetahuan yang diperoleh, ketimbang hanya mengikuti kursus selama 1 s/d 3 minggu.

  16. andika said

    Trimakasih sharing .Tolong saya di kirim juga ya pak program simulasi nya.

  17. asro said

    Buat Andika, file simulasi sudah dikirim. Untuk membuat sendiri simulasi, silakan baca tulisan di blog ini yang berjudul Diskritisasi.

  18. Kidkusti said

    Pak Asro,
    Kebetulan saya sedang bikin sedikit2 tentang simulasi control process pakai excell, jadi saya sangat berterima kasih sekali jika bisa minta simulasinya.

    Thanks,

  19. asro said

    Buat Kustaman , file simulasi sudah dikirim, semoga bermanfaat.

  20. cukupipul said

    mas Asro,
    saya mempunyai judul skripsi pengontrolan level ketinggian air menggunakan kontrol PID. skg sudah step terakhir dalam hal ini di coding PIDnya. saya membuat visual tanki air menggunakan delphi yang link langsung dengan real tanki. saya menggunaka ADC untuk pembacaan air yang masuk kedalam tanki.data ADC 0-255,dari data ADC ini saya mengkonversikan menjadi nilai PV.Nilai PV nya sebesar 0-1550.Dengan demikian untuk 1550/255=6,…..
    jadi tiap data 1 bit dari ADC PV nya sebesar 6,…..
    sebelumnya saya mengunakan artikel dari andrew clayton yang hampir mirip dengan skripsi saya.Akan tetapi andrew clayton hanya mendeskripsikan visualnya saja,yaitu suuply yg masuk kedalam tanki sebesar 2000. semakin besar supplynya maka semakin cepat process naikknya air.
    Saya bingung gmn mendeskripsikan rumus PID di real tanki saya. Karena kebanyakan tutorial PID hanya membahas PID ke visualnya saja. Disini saya cuma mengukur outputnya saja mas.
    mohon bimbingannya mas.
    Trims.

  21. asro said

    Untuk Ipul;
    Saya belum paham betul konfigurasi kontrol yang sedang dibuat. Saya membayangkan algoritma PID dan visual tanki (biasanya disebut MMI) dijalankan di delphi. Jika asumsi saya betul, maka selain data dari level transmitter yang masuk ke PC, tentunya juga ada data output PID yang keluar dari PC menunuju Control Valve.
    Kecuali untuk visualisasi, saya sarankan, range kedua data input dan output tersebut dinormalkan menjadi 0 – 100 dulu, baru digunakan dalam perhitungan/algoritma PID, termasuk nilai untuk setpoint level control juga dinormal ke 0 – 100.
    Kemudian, algoritma PID yang digunakan harus dalam bentuk distrit.
    Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah jenis aksi kontrol yang digunakan direct atau reverse, dan jenis control valve yang digunakan ATC atau ATO.
    Aksi kontrol direct artinya, jika error naik, output PID juga naik, begitu pula sebaliknya. Dalam kasus level control, ini terjadi jika control valve terletak di line masuk ke tanki.
    Aksi kontrol reverse artinya, jika error naik, output PID turun, begitu pula sebaliknya, ini terjadi jika control valve terletak di line yang keluar dari tanki.
    Pada Control valve ATC (Air to close), output PID naik, control valve-nya menutup, begitu pula sebaliknya.
    Pada Control valve ATO (Air to oprn), output PID naik, control valve-nya membuka, begitu pula sebaliknya.
    Jadi, jika sistem yang dikontrol bersifat (Direct – ATC) atau (Reverse – ATO), maka output control harus di-reversed dulu (Output di-reversed = 100 – Output), baru dikirim ke control valve. Sebaliknya, jika yang dikontrol (Direct – ATO) atau (Reverse – ATC), maka output control langsung dikirim ke control valve. Ini dengan asumsi Error = Setpoint – Process Variable.

    Saya yakin penjelasan saya ini belum menjawab semua pertanyaan Ipul, jadi saya tunggu diskusi lanjutannya, baik dari Ipul maupun pengunjung lainnya yang lebih berpengalaman.

  22. cukupipul said

    mas asro,

    boleh gak saya minta rumus diskrit PIDnya?

    kirim ke email saya aja mas…

    makasih mas….

  23. cukupipul said

    maaf..skalian sama control process menggunakan excell nya mas. buat jadi referensi saya…

    makasih mas…
    salam..

  24. asro said

    Untuk Ipul, bisa menggunakan salah satu dari algoritma discrete PID yang ada di tulisan ini atau pada tulisan yang berjudul Diskritisasi, atau bisa juga pada tulisan tentang algoritma PID di DCS Foxboro I/A series.
    File simulasi sudah dikirim via e-mail.

  25. antonmaxfis said

    mas, saya adalah pendatang (beginner) dalam dunia instrumentasi. saya ingin mempelajari simulasi tersebut sebagai media pemahaman saya dalam kontrol pid

    trims

  26. asro said

    Untuk Anton, file simulasi sudah dikirim lewat email.

  27. sigit5susanto said

    Mas asro,saya praktisi di bidang controls tertarik dg tulisan anda.Tlg saya jg dikirimi file simulasi process controlnya untuk belajar.tks

  28. asro said

    File simulasi untuk Sigit sudah dikirim via email.

  29. Gunawan said

    Pak saya senang seklai belajar sisyem kontrol. boleh minta file simulasinya Pak. Kebetulan saya juga pengguna DCS honeywell. thks

  30. asro said

    Buat Gunawan, terima kasih atas kunjungannya di blog ini. File simulasi sudah dikirim via email.

  31. arson said

    Penjelasan mengenai diskritisasi sangat singkat bagi saya yang baru belajar kontrol, saya sungguh berminat dengan simulasinya pak Asro.TrimK sebelumnya mohon dapat dikirim via email account saya pak.

  32. asro said

    File simulasi untuk Arson sudah dikirim via email.

  33. Agung said

    Dear Mas Asro,

    Saya kagum dan tertarrik bagaimana anda menjelaskan PID lebih mudah dibanding bukunya.
    Mohon bisa dibantu dikirim file simulasinya.

    Thanks
    Agung

  34. asro said

    Untuk Agung, file simulasinya sudah dikirim via email, semoga bermanfaat.

  35. ipul said

    mas asro,

    saya punya gambar blog diagram kontrol PID. akan tetapi blog diagram ini berbeda dengan blog diagram PID pada umumnya. Saya mengambil blog diagram ini sebagai referensi skripsi saya. Saya berharap mas berkenan untuk melihat blog diagram tersebut serta mohon bantuan penjelasannya. bolehkah saya kirim via email mas?saya gk tau cara meng-import gambar di comment😀

    terimakasih sebelumnya mas,

  36. asro said

    Untuk Ipul silahkan kirim ke yosepasro@yahoo.com. Semoga saja saya bisa membantu.

  37. ipul said

    sudah sy kirim file nya mas

    trims mas…

  38. Marc said

    shaloom pa Asro,
    saya baru belajar tentang instrumentasi, mohon bantuannya kirim file simulasinya pa.
    oh ya, selamat paskah Pa!

  39. izda said

    Wah menarik sekali Pak Asro. Saya ingin sekali belajar PID. Mohon saya dikirimkan juga file simulasinya, boleh ? Terima kasih sebelumnya.

  40. JOYO SANTOSO said

    SEHUBUNGAN DENGAN PROYEK KAMI YANG AKAN MENGGUNAKAN DCS EPKS DARI HONEYWEL,MOHON KIRANYA DAPAT MENGIRIMKAN SIMULASI TSB YANG NANTINYA DAPAT MEMPERLANCAR PROYEK KAMI.
    MATUR NUWUN PAK ASRO.

  41. jymmy said

    tlg d kirim simulasi nya ya……???

  42. endar said

    saya pendatang baru di bidang control system. mohon bimbingannya. pid di tempat saya banyak dipakai untuk proses heating dan cooling
    thanks

  43. endar said

    saat ini sedang bingung untuk pengaturan control valve agar dapat diterapkan pada sebuah reaksi eksothermis (menghasikan panas). sebuah control valve dipasang pada jacket steam, satu buah lagi pada coil untuk cooled water. maaf bila tidak sesuai dengan topik

    • asro said

      Bisa dijelaskan lebih rinci prosesnya?

      • endar said

        terima kasih banyak atas tanggapan bapak. proses lebih detail akan saya tanyakan dulu ke process owner.

        Salam,
        Endar Fitrianto

      • endar said

        terima kasih sekali blog ini telah menginspirasi saya untuk menerapkan pid heating cooling. dan akhirnya program bisa saya selesaikan dengan cara pengaturan output/CV/Sinyal control pid 0 s/d 50 % untuk cooling dan 50% s/d 100% untuk heating.
        and finally it’s done.. thanks

  44. Noegi said

    Mantab benar Pak Asro,

    Referensinya sangat bermanfaat, Pak kalau bisa tulis juga tentang tips tuning dan pemilihan mode2 kontrol terhadap pressure,level,temperature,flow dan juga hubungannya dengan flow characteristic control valve (linier atau equal%). Saya yakin Pak Asro sangat berpengalaman dalam hal ini karena di plant pasti banyak menemuinya.

    Oya Pak, saya mohon dikirim file simulasi PIDnya, buat referensi

    thx

  45. yasir said

    Terima kasih Pak Asro
    sangat bermanfaat artikelnya,
    Kalo boleh saya dikirim juga ya pak simulasinya

  46. yasir said

    maaf pak asro
    alamat emailnya yang kemarin salah
    ini saya kirim kembali
    mohon dikirim file simulasinya

    Trmksh

  47. mohon dikirim file simulasinya pak
    trus kalo ada referensi untuk PID tuning control valve untuk gas pressure, pada gas regulating unit.

    terima kasih

    best regard

    Muhammad Ramdani

  48. setiawan said

    saya sangat tertarik dengan Algoritma, namun saya masih belum jelas dengan rumus-rumus algoritma, tolong jelasin ya terimakasih,

  49. yulia said

    wah pak..menarik sekali ini. boleh minta simulasinya? oya,,software pake apa ya pak? maklum saya masih awam. terima kasih. email saya
    wulzzz@yahoo.com.

  50. daden said

    materinya menarik untuk dianalisa, dan kebetulan saya mau skripsi tntang dcs, jadi saya mohon dikirimkan materi tsb keemail saya

  51. Hendro P said

    tlg transfer pragramnya pak. Terima kasih

  52. Hendro P said

    saya berminat dengan simulasi serta pragramnya. Mohon dikirim ya pak materi tsb keemail saya untuk bahan pembelajaran saya. Terima kasih.

  53. heNi said

    Bapak Asro ada yang mau saya tanyakan:
    Saya sedang mengerjakan sistem kontrol minimal pressure dalam perpipaan ; dimana kebutuhan prosesnya adalah ketika pressure meningkat, output kontroller meningkat yang menyebabkan outlet valve membuka (direct acting). Dalam Handbook control yang saya pelajari, karena konvensi tanda dalam diagram blok, sehingga kontroller gain harus negatif.yang saya tanyakan:
    1. Apakah Tr (integral timenya juga harus negatif), bagaimana arti fisisnya
    2. Metode tuning ZN yang saya gunakan, hasilnya sangat tidak cocok untuk sistem saya. Apakah ada batasan-batasan tertentu dalam penggunaan metode ini.
    3. Mohon dijelaskan Metode tuning PID yang digunakan di industri
    4. saya sangat berminat dengan materi simulasi diatas, jika Bpk berkenan tolong dikirimkan ke email saya.
    Terima kasih banyak sebelumnya, sangat bermanfaat.

  54. blackandikauda said

    pak asro..

    untuk dcc experion c300 ini,apakah tiap controllernya memiliki lebih dari 1 processor atau multi processor?
    terima kasih..

  55. blackandikauda said

    oh ya mas…

    saya mau juga dong file simulasi yang seperti mas ipul dan anton terima..
    kebtulan saya juga pendatang baru,semoga bermanfaat untuk proses pembelajaran saya ke depan.
    terima kasih..

  56. sadewa said

    pak saya mau tanya
    Bagaimana mengatasi faktor kelembaban pada valve,dimana kontrol saya valvenya tidak langsung merespon sinyal output control, yang terjadi pada initial respon overshootnya sangat tinggi hampir 100% skitar 50-an detik sseterusnya sistem dapat stabil.Adakah kompensator tertentu untuk mengatasi hal ini?
    terimakasih

    Regard
    Sadewa

  57. Lubis TX said

    Mas Asro,
    Saya tertarik dengan simulasi tersebut. Mohon di kirimkan.

    Terimakasih sebelumnya.

    TXLubis

  58. septian said

    pak astro saya juga minta filenya dong, terima kasih..!!!

    salam..!!

  59. dean said

    Pak Astro yang budiman, saya juga minta filenya dong..
    ma simulatornya ya…thanks berat pak…

  60. wahyu aji wibowo said

    pak saya awam , tolong dikirim simulasinya ya,

  61. nurpadmi said

    saya bekerja dalam bidang kontrol dan baru memulai menangani DCS C-300 menggunakan experion tersebut. saya mohon untuk dapat dikirimi simulasi tersebut, sebagai referensi belajar.

    thanks

  62. nurpadmi said

    saya harap simulasi tersebut dapat dikirim ke saya sebagai bahan referensi untuk belajar.

    thanks

  63. arsyadi said

    pak simulasinya bagus, boleh dong dikirim

    terima kasih…

  64. Ekana said

    Pak asro, saya sedang belajar mengenai control, mohon dikirimi file simulasi nya, untuk mendukung proses belajar..

    Terimakasih sebelumnya pak..

  65. adi said

    saya seorang pelajar kebetulan sedang mendalami tentang control and instrumentation. saya sangat tertarik dengan topik ini pak,kiranya bersedia mengirimkan contoh simulasi diatas ke email saya pak agar saya dapat belajar memperdalam ilmu tersebut.makasih

  66. bangun said

    saya boleh minta simulasi n saya ingin belajar lebih banyak lagi dari anda
    mohon kerjasamanya terimakasih

  67. bangun said


           pak boleh dong minta simulasinya coz menarik bgt tuk dipelajari .... makasih

  68. ruslan said

    saya tertarik dengan file excel untuk simulasinya, saya berterima kasih jika bisa dikirimkan

  69. deni said

    Pak Asro,

    Mohon ijinnya juga untuk mengirmkan file tersebut. karena kebetulan saya mau buat program PLC (SLC500) yang mengontrol prportional valve (close loop). sehingga bila kita kasih set point, maka PVnya akan mengkiuti SP yang ditentukan (feed back dari pressure transmitter)
    sebelumnya hanya dikontrol oleh potensiometer (open loop)

    salam

  70. Hery said

    Pak Asro,

    Saya tertarik dengan simulasi tersebut. Mohon di kirimkan file simulasinya.

    Terimakasih.

    Salam
    Hery

  71. wahyu aidil said

    salam mas,

    dcs honeywell c200 saya tertarik, karena itu minta simulasinya ya mas karena saya sekarang sedang belajar.

    wassalam
    wahyu

  72. subeli said

    Pak Asro saya baru saja gabung ma perusahaan yang menggunakan honywell experion pks bagi saya ini kali pertama saya mengoperasikan dcs. saya mau nanya apa yg di sebut tuning dan kalau pak asro punya buku teori lebih detail tentang dsc honywell experion tolong kirim yah pak.

    terimakasih banyak atas bantuannya

    • asro said

      Tuning itu adalah kegiatan untuk menentukan parameter kontrol agar sistem yang dikontrol menjadi stabil. DCS Experion bisa dipelajari dari Knowledge Builder (e-book) yang biasanya sudah terinstal di DCS-nya.

  73. Himawan said

    Mas Asro, bisa dikirimi file simulasinya?Lebetulan saya lagi belajar DCS nya honeywell..

    Thanks ya mas

  74. Merbayoga said

    salam kenal mas…

    saya juga minta di kirimkan file simulasinya bisa?
    saya baru belajar nih, kalau saya mau coba menghitung persamaan PID sebaiknya pakai persamaan yang mana y?

    kalau bisa, saya mau implementasikan PID ke pemograman robot line follower, kira2 algoritmanya bagaimana ya?

    terima kasih..

  75. andra said

    keren tu mas ? kalau bleh saya minta mas ,,,,,,cozz masi cupu ni tentang PID andrarisciawan@gmail.com

  76. Afif Damayanto said

    Salam kenal Pak Asro,
    Saya kebetulan baru di dunia instrumentasi kaya ini. Plant tempat saya kerja juga memakai Experion PKS. Mohon juga dikirim simulasinya serta cara menurunkan persamaan tersebut karena baru bagi saya. Klo bisa yg sesimpel mungkin ya pak.
    Trima kasih.

  77. Nice info pak…boleh pak dikirim simulasinya juga..

    Terimakasih

    Salam,

  78. Ali said

    Siip, infonya bisa mencerdaskan anak bangsa pak..
    Mohon dikirim simulasinya, terima kasih

  79. Hery Frans Pasaribu said

    Salam kenal dan trimakasih atas sharingnya.Tolong saya di kirim juga ya pak program simulasi nya.

  80. Bandi said

    Tulisan yang sangat bagus buat memahami lebih mengenai kontrol PID.
    Mohon dikirmkan juga simulasinya Pak Asro.

    Terimakasih dan ditunggu artikel2 selanjutnya.

  81. bagus said

    waaaaah muantep sekali pak, saya minta bimbingannya dan kalau boleh minta file simulasinya. matur nuwuun

  82. Ari said

    Salamkenal Pak Asro

    Saya sedang belajar sistem kontrol, tolong di kirim program simulasinya.
    Saya numpang tanya apa bedanya PID dengan Fuzzy?

    Terimakasih

  83. aziz said

    pak bisa minta file simulasinya…….. saya bru belajar tentang PID. thanz

  84. syahida said

    salam kenal pak asro

    saya seorang junior instrument di salah satu perusahaan di jawa timur,saya masih perlu banyak belajar tentang ilmu kontrol dan saya sangat bersyukur lewat blog ini saya merasa terbantu untuk memahami dan mempelajari imu kontrol,kalau boleh,bisa saya minta program simulasinya pak

  85. Purgiyanto said

    saya senang sekali dapat mengunjung situs ini, di boiler tempat saya bekerja memakai three element control dengan yokogawa, tetapi masih sering terjadi fluktuatif level air boiler mohon bantunnya untuk mengirikan file simulasi untuk pembelajaran dan perbaikan di boiler kami…. terima kasih

  86. djoko haryono said

    Pak, tolong saya untuk dapat mengerti dan faham cara merubah PID yang benar … makasih

  87. median akbar said

    Blognya sangat bermanfaat Pak. Mohon bisa dikirimkan ke email. Terima Kasih

  88. Adhitya said

    Salam kenal Pak Asro,

    Blog anda benar-benar membantu saya, disaat saya membutuhkan sebuah pencerahan dalam melakukan tunning PID scr manual saat di lapangan. Sekiranya bapak bisa mengirimkankannya simulatornya ke alamat email saya.
    ThQ

  89. David said

    Blognya bagus. Dari dulu saya pengen bgt belajar seperti ini. jika bs saya minta simulasinya dan PDF untuk teori PID. saya pengen belajar kontrol DCS. Terimakasih banyak.

  90. Muhamad Nur Husen said

    sangat menarik pembahasan kontrol PID di atas, bolehkah saya minta file simulasi di atas pak???
    terima kasih

  91. harun said

    Terima kasih atas banyak infonya. Adakah software simulasi untuk PID tuning?

  92. ardi said

    PAk Asro,

    Mohon dishare dong file nya…sangat menarik sekali untuk mempelajari bagaimana sebuah algoritma bisa bekerja dalam kebutuhan nyata

  93. asih said

    Pak, saya adalah pendatang baru di dunia instrumentasi. Secara background saya dari elektronika, jadi saat ini agak kesulitan untuk mempelajari instrumentasi dan control padahal kerja saya diperusahaan EPC power plant bagian instrument&control. Hal pertama apa yg harus saya pelajari terlebih dahulu Pak. Mohon pencerahannya Pak. dan adakah ebook untuk mempelajari instools karena perusahaan saya menggunakan intools V.6. Terimakasih

  94. Roel said

    Saya sangat tertarik, mohon kiranya bisa di kirim lebih detail ke email saya. terimakasih

  95. julien said

    ms sy boleh donk minta file simulasiny? tlg kirim ke email sy y? trims sblmny..

  96. Angang said

    Saya belum begitu mengerti tentang PID, tetapi perasaan saya ingin sekali mempelajari PID. Bisakah bapak memberi tahu buku-buku apa saja yang harus saya baca? Saya ingin belajar dari dasar sekali.

    terima kasih.

  97. Megantari said

    Selamat pagi pak.
    Boleh saya meminta software simulasinya pak?

    saya mahasiswi tingkat akhir yang sedang membuat proyek akhir.
    proyek akhir saya berjudul “Alat Pengendali Level Air Berbasis PC dan Mikrokontroler ATmega8538”
    Dalam alat saya set point, Kp, Ki, dan Kd di input dari Visual Basic 6.0.
    Tadinya untuk menemukan Kp Ki dan Kd saya cari dengan metoda Ziegler-Nichols kurva reaksi. namun tidak menemukan nilai parameter kp ki kd yang tepat pak.
    sebaiknya bagaimana ya pak?
    apakah dengan software ini bisa membantu menemukan parameter2 tersebut dengan metoda kurva reaksi?
    ataukah dengan metoda lain?
    dan rumus PID digital saya buat dalam bahasa C pada codevision AVR pak…
    Terima kasih..

  98. arstiyan said

    Pak asro,
    saya boleh donk minta file simulasiny? trims sblmny..

  99. Yoga Bara said

    Pak Asro, boleh saya minta file simulasinya…kebetulan sistem saya menggunakan DCS EPKS juga..saya mau analisa PID pada CV untuk Feedwater..terima kasih sebelumnya

  100. Abil said

    Pak Astro,

    Saya baru bvelajar mengenai proces kontrol, kalau bapak berkenan untuk membagi file untuk simulasi.

    terimaksih banyak,

    salam,

  101. Fadil N.H said

    Bapak asro,
    saya boleh dong minta file simulasinya? terima kasih sebelumnya

    salam
    Fadil N.H

  102. sabil said

    Aslm,
    Bapak Asro, salam kenal dari saya pendatang baru, kalau bisa saya minta file simulasinya juga ya pak. terima kasih sebelumnya.

    Wslm,
    Sabil

  103. m. adi said

    saya sangat tertarik mas sama simulasinya,kalau tidak keberatan tolong dikirim lewat email saya,terima kasih

  104. Eko Hardiyanto said

    mas asro…

    thanks untuk postingannya…sangat membantu…mohon dikirim file simulasinya…trims…

  105. asro said

    Tolong email-nya, biar dikirimin

  106. agunt said

    mas asro

    saya sangat tertarik sekali dengan simulator diatas..
    Kalau boleh sya minta file simulator ny mas..

    Terima kasih

  107. menarik pa,. saya juga minta pa

  108. Hari W said

    Mas,minta dikirim PID simulatornya.Apakah utk cascade control juga bisa?Tks

  109. andhi said

    Pak Asro,minta kirimin file simulasinya.. Thx pak..

  110. andi said

    Minta PID simulatornya juga pak saya.. hehe.. Thx pak..

  111. Pranar said

    Terimakasih sharingnya..
    saya minta juga file simulasinya pak, apakah persamaan ini juga bisa diterapkan menggunakan mikrokontroler untuk jadi sebuah controller digital?? misalnya digunakan di level control

  112. Fidelis said

    Sharing yang sangat baik Pak. Saya mohon dikirimkan simulasinya. Terima Kasih

  113. ali said

    wah, bagus sekali pak. mohon dikirimkan ke email saya. aly_alfath@yahoo.com

  114. sumantri said

    sangat bermaaf sekali, pak bisa kirimkan simulasinya.

    trima kasih

  115. dani said

    Assalamualaikum kang Asro, bolehkah saya minta file simulasinya ? hehe saya sangat buth kang, semoga dibalas dgn pahala ilmu yang bermanfaat oleh alloh , ammin😀
    danifadli@gmail.com

  116. Mamat said

    Pak Astro,

    Mohon diemailkan soft copy simulasinya ke alamat email saya.
    Nuhun pisan pak

  117. irwan said

    Pak Asro,

    Mohon pencerahan pak, mengenai sistem pemrograman DCS untuk system control. Kalau ada contoh program minta soft copynya Pak ke alamt email saya. Dan sekalian simulasi yang pake excell nya pak.
    Makasih sebelumnya.

  118. hery dino said

    semoga tidak terlambat, kalo boleh saya minta dikirimi juga

  119. basori said

    saya sangat tertarik sekali terhadap. tulisan bapak…saya bekerja di PLTU yg banyak mengontrol level air dan steam…tolong saya beri resep utk memperdalam ilmu ttg instrumentasi…sekalaian saya jg kalo boleh minta simulasinya bos…

  120. arstiyan said

    Bapak asro,
    saya boleh dong minta file simulasinya? terima kasih sebelumnya

  121. deny said

    saya ingin belajar mengenai Kontrol PID, tp saya bingung harus mulai dari mempelajari apa terlebih dahulu,

    ini email saya mas:
    denysafari_011@ymail.com

  122. Nanang Roni Wibowo said

    pak kirim ke saya , terima kasih

  123. prayogo said

    Siang P. Asro,
    saya juga mohon dikirimin simulasinya dunk, saya pengen coba2 utk beberapa keadaan.
    thnx banget.

  124. Azzian said

    Hi P. Asro,
    Saya juga mohon dikirim simulasinya.

    Thanks

  125. Azzian said

    P.asro

    Saya juga mohon di kirim simulasinya.

    azzianz00@gmail.com

    Thank you

  126. mohon kirim software simulasinya.
    terima kasih

    tomi_kurniawan@ymail.com

  127. usman lakkase said

    aku usman. instr&control teknisi. mohon kirim software simulasinya.
    Sangat Terima kasih

    email : usman.lakkase15@gmail.com

  128. ahmad arif said

    aq minta juga ya simulasinya buat perbandingan PID yg saya buat,
    terima kasih

  129. Andi kasman saransi said

    Pa Asro yth, saya mau tanya tentang program timer di DCS foxboro, apa pa Asro punya contohnya yg brupa program step? saya ada proyek mau buat timer lampu penerangan memakai timer dr DCS jam 6 pagi padam dan jam 6 sore menyala….

  130. Yosep said

    Boleh di share pak file nya via : yosep.sib@gmail.com
    Saya lg belajar elmu instrument dan proses kontrol..
    Thks.

  131. Great blog! Is your theme custom made or did you download it from somewhere?
    A design like yours with a few simple tweeks would really
    make my blog shine. Please let me know where you got your theme.
    With thanks

  132. Andri Ponco said

    salam kenal pak asro..
    tulisan dan ulasan yang sangat bagus..
    kebetulan saat ini saya lagi kesulitan untuk melakukan tuning PID, bisa minta share file simulasinya

    email: andri.ponco@pln.co.id

    terimakasih

  133. thomas said

    Saya sebelumnya sudah punya auto tune,..
    Dan kebetulan saya juga memakai DCS Honeywell experion C300 yang sangat user friendly..
    Saya tertarik dengan simulasi tuning anda..
    Jika tidak keberatan Apa bisa d kirim melalui email saya thomas.dody@yahoo.co.id
    Thx..

  134. Ismanto said

    salam pak asro..
    tulisan dan ulasan bapak sangat bagus..
    saya mohon bapak kirim program simulasinya
    kebetulan saat ini saya lagi kesulitan untuk melakukan tuning PID masalah pengontrolan pH larutan (asam lemah dengan basa kuat) dalam tangki penetralan, kalau bapak tidak keberatan kira-kira bapak maw ngk membantu saya membuat program simulasinya,,,atau imformasi dalam membuat model analitik dalam sistem tersebut,,,

    email saya,,,ismantoringgostar@yahoo.com

  135. Fitro said

    Salam kenal Pak.
    bagus banget tulisannya pak & bermanfaat. kebetulan di tempat saya menggunakan DCS Honeywell, Exp PKS. saya lagi belajar tuning PID untuk kontrol process sperti Flow, dan level control. bila berkenan bisa minta program simulator PID analylis dan tuningnya pak. saya masih bingung dengan beberpa parameter pada loop tune Honeywell seperti Time Constant T1 dll. sekalian minta saran metode tuning yang pas untuk kontrol proses pada Paper Machine Pak. Trimakasih.

    email: af.numero.uno@gmail.com

  136. Bagus budi pw said

    Salam bravo buat pak asro ….
    Tulisan yang dibuat sangat menarik …
    Terlebih lagi sedang belajar DCS honeywell …
    Saya sangat tertarik dengan simulasi bapak, dan kalo ada boleh-kah saya mendapat panduan langkah-langkah dalam membuat proses program CM-nya pak … Sebab yang ada hanya panduan gambar tidak ada panduan tertulisnya …
    Kalo tidak keberatan mohon dikirim simulasi software dan manual book pak kalo ada ….

    Terima kasih banyak

  137. abdullah said

    salam kenal pak.asro
    artikel ini banyak berarti bagi kami yang baru belajar control system.
    kalau berkenan mohon dikirimi program simulasinya pak. thanks

  138. farid mahfudz said

    Selamat siang & salam kenal Pak…

    saya tertarik file dgn simulasi anda , bisa di share ke emai saya pak ?? farid.mahfudz@gmail.com

    Terima kasih sebelumnya

  139. dh pak Asro,

    saya tertarik dengan simulasinya, terimakasih sebelumnya jika dapat dikirimkan by email

    salam
    gerry

  140. richardo said

    bang, masi bsa minta file simulasinya… janrichardo.gultom@gmail.com makasih ya bang asro.. keep success.. hehe

  141. yogacruise said

    salam kenal pak asro..
    tulisan dan ulasan yang sangat bagus..
    kebetulan saat ini saya lagi kesulitan untuk melakukan tuning PID, bisa minta share file simulasinya

    email: yogacruise@gmail.com

  142. pratama said

    Pak Asro, jika utk DCS IA Series apakah sama?atau seperti apa? klo boleh minta file simulasinya dan bantuannya utk DCS IA Series Foxboro..thanks
    pratamadipayana@yahoo.com

  143. zulkhairijamal said

    Yth,Pak Asro.saya sangat suprise membaca artikel bapak mengenai pembahasan instrumen control ,dan mudah mudahan saya tidak terlambat untuk di share cara program simulasi yang bapak ciptakan… saya juga memakai DCS Honeywell experion C300 .
    Terima kasih untuk perkenannya berbagi,moga jadi amal ibadah utk bapak dan keluarga.

  144. salam kenal pak asro..
    tulisan yang sangat bagus..
    kebetulan saat ini saya lagi kesulitan untuk melakukan tuning PID, bisa minta share file simulasinya

    email: david_willy19@yahoo.co.id

  145. wah mantap mas..ane jadi bisa belajar PID n simulainya…mohon dikirimin ya ke email saya, thanks banget smoga berkah mas dadangibnu@yahoo.com

  146. Jumrianto H said

    Saya tertarik mas sama artikelnya.
    Mohon dikirim ya mas simulasinya ke email saya.
    Terimakasih banyak sebelumnya.

  147. Jumrianto H said

    Saya tertarik mas sama artikelnya.
    Mohon dikirim ya mas simulasinya ke email saya.
    Terimakasih banyak sebelumnya.
    star_shinefirdaus@yahoo.com

  148. hamdani said

    Bagus n Saya tertarik mas sama artikelnya.
    Mohon dikirim simulasinya
    Terimakasih

  149. Heroe AwAw said

    mohon kirim simulasinya mas…
    Terima Kasih

  150. eko1984 said

    bermanfaat sekali reviewnya.
    saya penasaran dgn PID ini, karena saya bingung untuk setting UDC 2500 merk HoneyWell, smoga bisa menjawab penasaran saya.
    mohon di kirimi pak simulasinya..
    bisa kirim ke eko_sukmono@yahoo.com

    Terima Kasih

  151. FSA said

    Bermanfaat sekali sharingnya pak… Kebetulan di plant kami menggunakan honeywell juga pak. Saya juga ingin belajar lebih banyak lagi tentang PID, untuk simulasinya bisa dikirim ke purnasn@yahoo.com

    Terimakasih

  152. Bayu N said

    saya tertarik dengan simulasinya pak.. kalo boleh minta kirimannya..
    terimakasih

  153. purnomo said

    saya tertarik dengan simulasinya soalnya dipabrik juga lagi tuning PID. kalo boleh minta kirimanya,, terima kasih..

  154. arik said

    saya juga minta boleh minta di kirim

  155. Dede said

    Saya tertarik sekali pa simulasi nya,kebetulan saya baru kerja di power plant di bagian instrument dan sekarang lagi belajar dcs honeywell, mksh sblmnya

  156. Saya tertarik mas sama artikelnya.
    kalo boleh tolong kirimkan ke email saya
    arthan_adja@rocketmail.com

  157. haryan said

    Pak saya berniat mau belajar, tolong kirim simulasi nya ke email saya haryangokil999@gmail.com , trimakasih

  158. fator said

    boleh kirim simulatornya mas? membantu sesama yang kurang tahu sama juga jd guru, terimakasih

  159. Dadang Ibnu said

    Mas Asro salut atas sharingnya. minta tolong kirim simulatornya ya ke dadangibnu@yahoo.com teng q Mas sebelumnya.. Salam

  160. muhazir said

    saya ingin belajar mengenai cara buat simulator DCS emerson menggunakan microsoft excel mohon dibantu dasar2 dan rumusannya ya mas ke
    muhazireka@yahoo.com
    mohon dibantu ya mas

    regards

    muhazir

    • Adhana said

      Dear Pak Asro, mohon bisa share file untuk simulasi dalam yang berisi formula dalam mempelajari skema PID controller
      kalau ada langkah dalam mempelajarinya /tutorialnya juga boleh pak
      mohon bisa dikirim melalui email semangat.tito@gmail.com
      apakah simulasi ini juga berlaku seperti yang dilakukan pada matlab?
      -terima kasih pak asro-

  161. hadi hidayta said

    saya tertarik dengan simulator DCS tersebut, ini alamat email saya hadi.elist@yahoo.com

    BR,

    Hadi

  162. sani tresna said

    dear asro, saya sangat tertarik dengan simulasi tuning control tsb. Dimana saat ini di plant saya menggunakan DCS experion pks dari honeywell. Program simulasi ini akan sangat membantu jika bisa dikirimkan.
    terimakasih

  163. dika said

    Dear pak asro, boleh saya minta file simulasi nya pak untuk belajar. terima kasih pak..dicka_02@ymail.com

  164. resa said

    Dear,pak.apakah bisa di share file simulasi nya pak,ke email saya?saat ini saya sedang mencoba belajar mengenai dcs.apakah ada software simulasi dcs seperti audy pc sim plus?jika ada seperti itu,dmana saya bisa download nya.terima kasih,pak

  165. wah saya orang awam di dunia dcs apalagi PID saya sangat tertarik dengan simulasinyamohon di share ya pak Asro ke pen_frs@yahoo.co.id

  166. randy said

    dear pak asro,
    boleh saya minta software nya??
    ini email saya
    randy_8960@yahoo.com

  167. f09ai said

    Aslkm pak asro..

    Saya org baru d bidang DCS lbh tpatnya baru 3 tahun berkecimpung…
    Basic saya Teknik Kimia
    Sy sngt tertarik dengan ulasan bapak di atas..
    Bolehkag saya dikirimkan file sumulasinya pk?

    Krna sangat bermanfaat terutama pada saat melakukan tuning control
    ..selama ini hanya personal Instrument yg dpt men tuningnya..

    Terima kasih banyak pak..
    Fd.0988@gmail.com
    Ferry.ai.irawan@gmail.com

  168. VERY said

    Ulasan bapak sangat menarik bagi saya yang baru mempelajari sistem DCS, mohon kiranya bapak berkenan mengirimkan file simulasinya ke alamat email saya, terima kasih.

  169. Joko Saputra said

    sangat menarik,, tolong pak ya di kirim juga, terima kasih

  170. Joko Saputra said

    jokosaputra2521@gmail.com

  171. sayfrizal said

    siang mas, artikelnya sangat bagus, boleh saya dikirimkan simulasinya ke (mr.syafrizal@gmail.com)
    terimakasih

  172. Ahmaf said

    Saya sangat tertarik dengan penjelasan PID di atas,kalau boleh saya di kirim email simulasi yg menggunakan excel. Terima kasih

  173. Muhammad faiz said

    Salam pak asro. sangat menarik sekali. semoga transfer ilmu nya berbuah pahala sebagai ilmu yang bermanfaat. Amalan yang pahalanya tidak putus. amin..

  174. Muhammad faiz said

    Salam pak asro. sangat menarik sekali. semoga transfer ilmu nya berbuah pahala sebagai ilmu yang bermanfaat. Amalan yang pahalanya tidak putus. amin..
    Saya pernah sewaktu kuliah melakukan simulasi PID menggunakan MATLAB. saya baru tahu kalo PID bisa juga kita simulasikan dengan excel. pasti sangat membantu.
    Mohon share simulasinya ya pak.
    Terima kasih

  175. relan said

    pada saat power off (UPS off), semua data/program yang ada di DCS (honeywell), harus di download ulang,, ada yang tahu penyebanya?

  176. yudha.hadiyat@gmail.com

  177. sufrani said

    mantaf materi nya pak…

  178. sufrani said

    bagus banget materi nya pak…

  179. sufrani said

    ilmu nya sangat bermanfaat sekali pak… boleh saya minta sofware nya……

  180. Joni Juliansah said

    Siang mas, artikelnya sangat menarik…boleh dikirimkan simulasi exelnya ke email sy…johntrader26@gmail.com
    terimakasih

  181. Siang Pa Asro….artikel yg sngt bgs….boleh minta dikirimkan file simulasi exelnya ke johntrader27@gmail.com
    terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: