Asro Pun’ Blog

“N” Dalam Organisasi Proyek.

Posted by asro pada 29 Mei 2008

“N” menurut  Pa. Armein merupakan sebuah kuantitas yang menentukan keberhasilan model sebuah bisnis. Tanpa menentukan nilai “N” ini, seorang pebisnis sebenarnya tidak memiliki strategi dalam bisnisnya.

Seorang kawan yang memiliki bisnis  “Kedai Bandrek” misalnya, mungkin mangambil jumlah pengunjung kedai sebagai nilai “N”-nya. Dengan memperkirakan jumlah pengunjung kedainya, kawan ini akan menentukan luas ruangan kedai yang akan digunakan, jumlah kursi/meja yang disediakan,  jumlah (liter) bandrek yang  dibuat dalam sehari dan jumlah pekerja yang digunakan.

Lalu  apa “N” untuk sebuah oraganisasi proyek? Mungkin:

  • Jumlah proyek setahun;  yang akan menentukan jumlah pekerja yang akan dilibatkan dalam organisasi tersebut, juga struktur organisasi proyek tersebut.
  • Bidang pekerjaan yang ditangani; yang akan menentukan jenis kompetensi pekerja yang terlibat dalam organisasi.

Ada yang lain ?

 

 

2 Tanggapan to ““N” Dalam Organisasi Proyek.”

  1. ricardo said

    Sebenarnya orang Proyek sudah tau betul faktor2 yg mempengaruhi keberhasilan suatu proyek, terutama shortage dalam manpower. Tapi ternyata commitment dari stakeholder belum terlihat, shg seolah-olah “tidak mau tau” siapa dan bagaimana kondisi manpower pengelola proyek. Contoh sederhana, kasus usulan proyek 2009 di D***i betul-betul tidak mempertimbangkan hal ini, meskipun kita sudah menyampaikannya. Bayangkanlah usulan proyek dipaksakan dalam tempo beberapa hari harus masuk, dan sudah terbayang sama kita kalo terjadi kekagagalan pastilah Kepala Proyek-nya yg diseret duluan. Tapi begitulah kondisinya. Jadi sebenarnya kita tidak mau atau bahkan tidak pernah mau tau pelajaran mengenai kegagalan proyek serta tidak ada komitmen untuk mencapai keberhasilannya. Kelihatannya seperti “business as usual” saja.

  2. asro said

    Betul sekali Pa. YR, mereka (baca stakeholder/management) (mungkin) tidak mengetahui (atau pura-pura tidak tahu) apa “N” dari organisasi ini alias tidak punya strategi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: