Asro Pun’ Blog

Menulis

Posted by asro pada 26 Mei 2008

Bulan Oktober tahun lalu ketika  buka salah satu blog-nya Pa. Budi Rahardjo (BR); saya menemukan tulisan menarik disitu, judulnya ”Menulis untuk Belajar”. Tulisan itu untuk menjawab pertanyaan mengapa Dia banyak menulis di blog.

Kadang-kadang saya juga menulis, beda dengan Pa. BR, kalau  saya menulis untuk lebih mengingatkan lagi tentang apa yang sudah saya pelajari. Misalnya ketika saya mempelajari tentang DCS (Distributed Control System) dalam rangka membuat spesifikasi dan lingkup salah satu proyek yang saya kelolah, maka saya menulis tentang DCS. Begitu juga ketika saya mempelajari peralatan GC (Gas Chromatography), maka saya menulis tentang GC. Dilain waktu ketika saya mempelajari compressor control maka saya menulis tentang topik tersebut. Memang tulisan saya kebanyakan berhubungan denga  hal-hal teknis/engineering (sebagaimana juga terlihat di blog saya ini) karena itu merupakan bidang pekerjaan saya.  Jika saya sudah memiliki web sendiri (ini merupapakan keinginan saya sudah lama), saya akan menempatkan semua tulisaan yang pernah saya buat di web tersebut. Sebenarnya saya sendiri tidak pandai menulis, itu sebabnya kalau menulis saya membutuhkan waktu yang cukup lama, sebagai gambaran untuk menulis salah satu topik di blog ini saya membutuhkan waktu lebih dari 1 jam.

Karena tujuan menulisa saya adalah untuk belajar, maka ketika saya merasa bahwa saya sudah memahami topik tersebut, maka saya berhenti menulisanya, sehingga kabanyakan tulisan saya tidak tuntas/tidak selesai.  Selain itu saya sendiri juga kurang  yakin apakah tulisan saya dimengerti oleh orang lain? Tetapi hal ini tidak masalah bagi saya, yang penting saya bisa mengertinya (bukankah tujuan saya menulis adalah agar saya lebih ingat apa yang saya pelajari?).

Dengan adanya blog ini saya berharap bisa lebih rajin lagi untuk menulis. Semoga saya bisa memenuhi janji ini, semoga.

 

Tinggalkan Balasan

 
